Ada semacam anggapan yang diterima umum dalam dunia pendidikan, yang mengatakan bahwa proses belajar setiap orang berlangsung sepanjang hidupnya, tidak terbatas masa kanak-kanak atau remaja tetapi berjalan terus pada masa dewasa dan pada senja kehidupan. Perbedaan terletak pada motivasi belajar, hambatan, hasil yang diharapkan dan cara-cara belajar yang efektif.
Semenjak bergenerasi lamanya, tujuan tunggal pendidikan adalah meneruskan nilai-nilai, pengetahuan dan keterampilan yang ingin disampaikan oleh generasi tua kepada generasi muda, guna menyiapkannya bagi kehidupan bermasyarakat. Dalam alam pikiran ini, pendidikan dan keseluruhannya dianggap sebagai suatu kewajiban Negara terhadap warganya, termasuk di dalamnya tugas guru memindahkan pengetahuan …
Ini sebuah studi tentang sekolah-sekolah di Jepang, tentang kemampuannya mengajarkan keterampilan yang sama tingginya, motivasi yang sama pula dan nilai-nila yang sama juga pada siswa-siswanya serta sumbnagan sekolah untuk menyetarafkan struktur-struktur dalam masyarakat yang dituju siswa-siswa itu. Semua hal itu dimungkinkan oleh keadaan yang sangat menguntungkan sesudah Perang Dunia II bagi p…