Buku jilid 1 ini menghadirkan topik-topik berikut: 1. Psikologi Pendidikan dan Pengajaran 2. Perkembangan Kognitif dan Bahasa 3. Perkembangan Pribadi dan Sosial 4. Perbedaan Kelompok 5. Perbedaan Individual dan Kebutuhan Pendidikan Khusus 6. Pembelajaran, Kognisi, dan Memori 7. Proses Kognitif Kompleks 8. Pembelajaran dan Kognisi dalam Konteks 9. Pandangan Behavioris terhadap Pembelajaran
Materi yang dibahas dalam buku ini mencakup: 1. Psikologi Pendidikan: Sebuah Alat untuk Pengajaran yang Efektif 2. Perkembangan Kognitif dan Bahasa 3. Konteks Sosial dan Perkembangan Sosioemosional 4. Variasi Individu 5. Keberagamaan Sosial Budaya 6. Pembelajaran dengan Kebutuhan Khusus 7. Pendekatan Ilmu Perilaku dan Kognitif Sosial 8. Pendekatan Pemrosesan Informasi
Apakah psikologi itu? Apa gunanya kita mempelajari psikologi? Bagaimana pengaruh pembawaan dan pengaruh lingkungan terhadap perkembangan manusia? Mengapa intelegensi seseorang berbeda dengan orang lain? Faktor-faktor apa yang mempengaruhinya? Masalah-masalah diatas hanya sebagaian kecil saja dari masalah yang akan dibahas dalam buku ini. Di dalam pembahasan itu dikemukakan juga pendapat-pendapa…
Aktivitas belajar bagi setiap individu, tidak selamanya dapat berlangsung secara wajar, dapat terjadi dengan lancar, kadang-kadang tidak lancar, dan dapat juga terasa aman sulit. Dalam hal semangat, adakalanya semangatnya tinggi, tetapi adakalanya juga sulit untuk mengadakan konsentrasi. Dalam keadaan anak didik/siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya. Itulah yang disebut "kesulitan bela…
"Psikologi" berasal dari perkataan Yunani "psyche" yang artinya jiwa, dan "logos" yang artinya ilmu pengetahuan. Jadi secara etimologi (menurut arti kata) psikologi artinya Ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai macam-macam gejalanya, prosesnya maupun latar belakangnya.
Excellence with Morality adalah suatu atribut yang melekat pada suatu sistem, terdiri dari dua kata kunci yang apabila diimplementasikan secara sinergi dan terintegrasi akan menghasilkan sebuah value yang luar biasa.
Tujuan instruksional merupakan bagian penting dalam proses belajar-mengajar. Tujuan instruksional mencakup tujuan guru dan tujuan siswa, yang dirumuskan berdasarkan pemikiran psikologis. Tujuan sekolah menunjukkah pada tujuan-tujuan yang luas sesuai dengan keinginan suatu masyarakat atau bangsa, yang memiliki dimensi-dimensi ekonomis, politik dan sosial. Adapun empat kategori ting laku: pengeta…
Persoalan tentang bagaimana membina anak-anak usia taman kanak-kanak sampai usia sekolah lanjutan senantiasa dicari pemecahannya yang semakin sempurna. Usaha ini ditunjang oleh penelitian terus-menerus menurut disiplin ilmu psikologi tentang perkembangan anak menurut disiplin ilmu psikologi tentang perkembangan anak menurut tahap-tahapnya. Hasil penelitian itu diterapkan kedalam bidang pendidik…