Electronic Resource
Ebook : Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi : Sebuah Alternatif Penyusunan Kurikulum
Kehidupan di abad XXI menghendaki dilakukannya perubahan pendidikan tinggi
yang bersifat mendasar. Bentuk perubahan-perubahan tersebut adalah: (i) perubahan
dari pandangan kehidupan masyarakat lokal ke masyarakat dunia (global), (ii)
perubahan dari kohesi sosial menjadi partisipasi demokratis (utamanya dalam
pendidikan dan praktek berkewarganegaraan), dan (iii) perubahan dari pertumbuhan
ekonomi ke perkembangan kemanusiaan. UNESCO (1998) menjelaskan bahwa untuk
melaksanakan empat perubahan besar di pendidikan tinggi tersebut, dipakai dua basis
landasan, berupa : Empat pilar pendidikan: (i) learning to know, (ii) learning to do
yang bermakna pada penguasaan kompetensi dari pada penguasaan ketrampilan
menurut klasifikasi ISCE (International Standard Classification of Education) dan
ISCO (International Standard Classification of Occupation), dematerialisasi
pekerjaan dan kemampuan berperan untuk menanggapi bangkitnya sektor layanan
jasa, dan bekerja di kegiatan ekonomi informal, (iii) learning to live together (with
others), dan (iv) learning to be, serta; belajar sepanjang hayat (learning throughout
life).
Tidak tersedia versi lain