Text
Panduan Pembelajaran Praktik Klinik Kebidanan dengan Pendekatan Preceptorship dan Mentorship
Sesuai dengan konsep dan perkembangan pendidikan bidan terkini dapat disimpulkan bahwa:
1. Institusi Pendidikan DIII Kebidanan sebagai salahsatu jenjang pendidikan bidan bertujuan menyiapkan lulusan yang profisien sehingga dapat memberikan asuhan kebidanan yan aman dan efektif sesuai dengan kewenangannya.
2. Terlaksananya pembelajaran praktik klinik yang efektif tergantung pada 3 komponen kunci yaitu: Adanya seseorang yang memfasilitasi, memonitor, dan menilai proses belajar mahasiswa; Adanya lingkungan belajar yang kondusif; Adadnya sistem rotasi mahasiswa yang mendukung pemakaian waktu yang efektif
3. Pembelajaran praktik klinik yang efektif merupakan untuk mengantarkan mahasiswa menjadi bidan yang profisien dalam memberikan asuhan kebidanan
4. Pembelajaran praktik klinik sangat ditentukan keberhasilannya oleh komitmen yang tinggi dari pimpinan san staf pendidikan, stakeholders terkait seperti kepala RS, kepala dinas kesehatan, kepala puskesmas, pengurus/anggota IBI setempat termasuk preseptor dan mentor.
Tidak tersedia versi lain